nutrisi hidroponik ab mix premium

Uraikan faktor faktor untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik

Uraikan faktor faktor untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik!

Faktor – faktor yang sangat berpengaruh ketika menanam sayuran hidroponik adalah:

  1. Bibit
  2. Sinar matahari
  3. Intensitas matahari
  4. Nutrisi hidroponik
  5. ph Larutan nutrisi

Bibit yang baik akan menghasilkan sayuran yang baik. Saat ini rata – rata bibit sayuran sudah baik semua. Antar produsen bibit kualitasnya hampir setara.

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh semua tanaman, termasuk tanaman sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik.

Sinar matahari dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis, sehingga tanaman akan menghasilkan energi dan mampu menyerap unsur hara.

Intensitas matahari adalah terik tidaknya sinar matahari yang diterima oleh sayuran hidroponik. Intensitas matahari harus pas, kalau tidak, sayur hidroponik akan layu ketika siang hari dan menjadi segar kembali ketika sore hari.

Kondisi seperti ini akan menghambat pertumbuhan sayur hidroponik, meskipun tidak faktor yang menentukan. Efeknya terkadang membuat sayuran terasa pahit karena sayuran sering mengalami stress panas.

Untuk hidroponik di dataran tinggi intensitas matahari tidak terlalu masalah. Karena meskipun intensitas yang diterima oleh tanaman tinggi, tapi suhu lingkungan lebih sejuk.

Kalau di dataran rendah, biasanya kalau siang hari akan lebih panas. Sayuran akan layu, tapi ketika sore hari sayuran hidroponik akan segar kembali.

Solusinya kalau hidroponik di dataran rendah memberikan atap paranet atau plastik uv untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang diterima oleh sayuran hidroponik.

Nutrisi hidroponik sangat menentukan keberhasilan produksi sayuran hidroponik. Karena nutrisi hidroponik merupakan sumber unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan sayuran.

Nutrisi hidroponik harus diberikan dalam jumlah yang optimal. Kepekatannya harus memenuhi kebutuhan sayuran hidroponik yang ditanam.

Karena setiap jenis sayuran kebutuhan optimalnya berbeda, kita perlu melihat tabel ppm sayuran hidroponik nya.

Selain kepekatan nutrisi hidroponik, ph Larutan juga sanga menentukan.

pH nutrisi hidroponik sangat mempengaruhi apakah unsur hara makro dan mikro bisa terserap dengan baik atau tidak. Ph ini harus di atur pada angka 5,5 – 7, dan optimal pada angka 6,5.

Kita bisa menggunakan ph UP untuk menaikkan ph dan ph down untuk menurunkan ph larutan nutrisi hidroponik.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top